Jumat, 01 April 2011

Perubahan Permintaan dan Pergeseran Kurva Permintaan


Sekarang kita akan berbicara tentang penentu permintaan. Kita mengerti bahwa sejumlah hal akan mempengaruhi kuantitas permintaan barang dan jasa tertentu baik dalam individu maupun pasar. Hal-hal yang dapat mempengaruhi permintaan adalah harga dari barang, pendapatan individu, harga barang terkait yaitu barang pengganti atau barang pelengkap, selera, ekspektasi, dan jumlah pembeli.

Kita juga akan berbicara mengenai permintaan pasar (Q0) dan permintaan individu (q0). Jika berbicara tentang permintaan individu, jumlah pembeli menjadi tidak relevan.

Bagaimanapun kita akan mencoba menggambar grafik dari fungsi ini sepenuhnya. Kita membutuhkan seluruh sumbu karena kita perlu satu sumbu untuk setiap penentu yang berbeda. Yang mana dua sumbu mudah, tiga sumbu memungkinkan, empat sumbu kita membutuhkan banyak waktu untuk menyebutkannya dalam grafik, dan gambar kita bisa jelek :D

Jadi, kurva permintaan adalah kuantitas dari fungsi harga itu sendiri.

Apa yang akan kita lakukan untuk menyelesaikan ini? Kita misalkan penentu dari permintaan lain adalah tetap. Sangat penting untuk membedakan antara apa yang akan terjadi jika terjadi perubahan harga secara grafik, dan bagaimana ketika terjadi perubahan bukan harga secara grafik seperti yang dilakukan sebelumnya pada penawaran (blog sebelumnya).

Ketika terjadi perubahan harga, grafik bergerak dari satu titik ke titik lainnya pada kurva permintaan yang sama. Yaitu dari P1 ke P2 dan perubahan kuantitasnya dari Q1 ke Q2. Kita menyebut gerakan sepanjang kurva permintaan ini sebagai perubahan kuantitas yang diminta.


Sekarang mari kita lihat ketika terjadi perubahan bukan harga, misalkan perubahan pendapatan, perubahan selera, perubahan ekspektasi, dll.

Dalam kasus ini, selain terjadi perpindahan dari satu titik ke titik yang lain pada kurva permintaan yang sama, terdapat juga perubahan dalam hubungan mendasar antara harga dan kuantitas. Ini direpresentasikan malalui pergeseran kurva permintaan. Dan pergeseran kurva permintaan ini merujuk kepada perubahan permintaan.

Pada gambar pertama kita mempunyai kenaikan permintaan dimana pergeseran kurva permintaan ke kanan pada sumbu kuantitas, dan gambar kedua penurunan permintaan dimana pergeseran kurva permintaan ke kiri pada sumbu kuantitas.

Kenaikan permintaan : ketika semua harga tetap, kuantitas bergeser dari Q1 ke Q2 untuk setiap harga. Penurunan permintaan : ketika semua harga tetap, kuantitas menurun dari Q2 ke Q1 pada setiap harga.

Mari kita ringkas kembali!

Jika terdapat perubahan bukan harga, kita dapat melihatnya pada kenaikan permintaan dan penurunan permintaan.

Pada kenaikan permintaan, kurva bergeser ke kanan. Untuk setiap kuantitas tertentu yang diminta, konsumen bersedia membayar pada harga yang tinggi dari kuantitas yang dia bayar sebelumnya. Sedangkan pada penurunan permintaan, kurva bergeser ke kiri. Untuk setiap kuantitas tertentu yang diminta, konsumen bersedia membayar hanya pada harga terendah dari kuantitas sebelumnya.

Meskipun ini sudah cukup jelas, kita dapat berfikir perbedaan pergeseran baik horizontal maupun vertikal, hanya melalui kombinasi dari kenaikan permintaan dan penurunan permintaan.

Kenaikan permintaan dapat terjadi apabila :
- Pendapatan untuk barang normal meningkat
- Pendapatan untuk barang inferior menurun
- Harga barang pengganti meningkat
- Harga barang pelengkap menurun
- Selera untuk barang tertentu meningkat
- Jumlah pembeli dalam permintaan pasar meningkat

Penurunan permintaan dapat terjadi apabila :
- Pendapatan untuk barang normal menurun
- Pendapatan untuk barang inferior meningkat
- Harga barang pengganti menurun
- Harga barang pelengkap meningkat
- Selera untuk barang tertentu menurun
- Jumlah pembeli dalam permintaan pasar menurun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar